Senin, November 20, 2006

kebenaran


"WOY MINGGIR LOE...!!!"
lagi di jalan tiba2 ada yang teriak gitu.
(pernah ngalamin?)
mendengar intonasi bicaranya, melihat wujud fisik siapa yang ngomong, merasa gengsi diri terinjak, mungkin kita akan membalas teriakan tadi dengan teriakan yang lebih keras (kalo perlu) di tambah bumbu makian renyah nan pedas.
ato kita akan ke pinggir tapi di iringi dengan omelan-omelan sumpah serapah (bak kapten haddock om nya tintin) jadi BT lalu meninggalkan ganjalan di hati, bahkan tersimpan di otak sepanjang hari.
tapi kalo saat itu kita mau sedikit introspeksi lagi bahwa apa yang dia teriakin itu bener dan kita emang salah ada di tengah. bahwa kebenaran bisa muncul lewat cara apapun, di manapun, terhadap siapapun, lalu kita sadar bahwa kitapun mahluk yang sering lupa, insyaAllah kita bakal ke pinggir dengan ridho.
(itu hanya salah 1 contoh)
pada dasarnya kita adalah mahluk yang penuh kesalahan dan kebenaran sejati hanya milik-Nya. kita tidak bisa mengkotak-kotakan kebenaran sesuai keinginan kita, menganggap bahwa kebenaran hanya berpihak pada kita atau milik golongan tertentu saja, karena pada hakikatnya kebenaran hanya berpihak pada yang benar saja.
kebenaran bisa saja keluar dari tokoh umat tertentu, dari fakir miskin, dari orang cacat, dari konglomerat, dari tetangga, yang gendut, kurus, item, kriting, ato dari musuh kita sekalipun.
karena sejatinya Tuhan mencakup seluruh mahluk-Nya.
sayang kadang kita lupa ketika kebenaran muncul pada orang lain, kita lupa bahwa kita juga bisa saja salah, perbedaan fisik, ruang dan waktu (dualitas) bisa membuat otak slalu berfikir negatip.
ketidak ikhlasan kita menerima kebenaran dari luar sering meninggalkan bekas/sakit di hati, sadar ato tidak kadang kita suka memelihara sakit itu berlarut-larut bahkan kerap manambahnya semakin parah.
apakah kita akan 'pulang' dalam keadaan 'sakit'?

7 komentar:

GrapZ mengatakan...

iya dee, kebenaran bisa muncul dari mana aja...
tapi lebih baik kalo kebenarannya diomongin dengan baik2...gak ditereakin hehehe...

tapi kalo emang orangnya rada g ndenger jadi gimana ya??? *bingung*

asya mengatakan...

alhamdulillah braja dah kembali. ikhlas, dengan apa yang ku alami setiah harinya, jujur kadang aku masih blon bisa. tapi mudah2an dengan membaca tulisan braja, aku bisa menjadi ikhlas atas apa yang aku alamin, walopun itu mengesalkan

Ranny mengatakan...

huaaaaaaaaaaaaaa welcome back me againnn..how ya doin??fine aja kah??have a nice monday

Unknown mengatakan...

sabar dong bos.... jangan esmossi gitu, anggap aja angin..

angga angelina mengatakan...

waduu..jujur ajja... aq lom bisa setenang dan sesabar itu kalo tiba2 ada yg nreakin dari blakang. hehe... maklum.. masi emosi muda. gampang meledak... sering juga sih mencoba untuk bersabar, dan Alhamdulillah, kadang2 sukses. hihi

Anonim mengatakan...

Site include actual poker promotions and bonus no deposit required. http://www.pokermaniak.com.pl Review poker online sponsor's and poker rooms. Play for free at platform like Mansion,Full Tilt,Party poker or Titan.
poker online bez depozytu
no deposit bonuses for england japan uk france sri lanka indie maroko usa finland portugal and all get free cash no requirments - starting capital for youno deposit bonus online poker no deposit bonus free gambling cash and money no required deposit
online poker no deposit free cash for all !!!

Anonim mengatakan...

Perkenalkan Saya Dimas, slam kenal sesama blogger, ada yang ikut adsense ga yah? kalau ada, saya mohon maaf mau ngrepoti tolong dunk di klik iklan adsense saya di http://gopubliconline-indo.blogspot.com/, nanti gantian, kalau sudah email saya yah, di dimaskurniaramadhan@gmail.com. Terima kasih sebelumnya :)