Sabtu, Januari 26, 2008

kecewa

hanya salah satu contoh;
suatu malam ketika perut mulai meminta di isi, terbayang sepiring nasi hangat di temani semangkuk soto betawi dan beberapa tempe goreng di tambah kerupuk di lengkapi dengan es jeruk hmmm... membuat perut semakin lapar.
bergegaslah keluar rumah menuju tempat jualan makanan, ternyata warung soto betawi yang di cari sedang tidak jualan (mulai kecewa), karena lapar akhirnya soto madura di datangi juga dan ketika memesan ternyata nasi nya sudah habis (kecewa lagi), tempe dan tahu pun tidak tersedia (semakin kecewa), soto yang di hidangkan pun tidak senikmat yang di bayangkan (kekecewaan semakin tinggi), parahnya es jeruk pun tidak tersedia... hhhh... mana harganya mahal pula...

kekecewaan atas keinginan yang tidak terpenuhi membuat kekesalan bersarang di hati, berlarut-larut sampai menganggap dunia ini sudah tidak lagi adil, kekecewaan kecil di tambah kekecewaan kecil lainnya membuat hati panas dan tidak mampu lagi di kontrol oleh otak, rasa kesal dan marah tidak lagi mampu membuat otak berfikir jernih, berusaha melampiaskan marah, kekesalan, dongkol, complain, protas-protes, terhadap apa atau siapapun bahkan terhadap Tuhan.

ketika keinginan kita muncul, ketika itu juga kita melakukan usaha sampai do'a untuk memenuhi keinginan itu tapi masalah nya kita sering kali memasuki "wilayah Tuhan", maksudnya kita sering ikut menentukan hasil akhir dari usaha dan do'a yang kita lakukan tersebut, sebenarnya jadi atau tidak nya makan soto betawi adalah sudah menjadi kehendakNYA, jadi atau tidak nya naik gaji adalah keputusanNYA, berhasil atau tidaknya lulus sekolah juga menjadi tugasNYA, tercapai atau tidak nya segala macam keinginan seluruh manusia adalah sudah menjadi aturan sang Bos Besar yang mengatur kehidupan...

seperti kita tahu yang bisa di lakukan oleh seorang hamba hanyalah berusaha dan berdoa, hemat saya sebaiknya kita jangan membebani diri dengan segala macam tugas dari Sang Sutradara alam semesta, agar tidak muncul kekecewaan ketika keinginan kita sebagai seorang hamba tidak sesuai dengan kehendak Sang Maha Kuasa sesembahan kita.

11 komentar:

Me mengatakan...

Setuju! Tugas kita hanya berusaha dan berdoa, selanjutnya serahkan kepada Allah Swt. Bukankah DIA selalau punya rencana indah untuk kita yang kita tidak mengetahuinya?

Loverock_MD mengatakan...

betul bos..

tp jangan lupa usahanya mesti sekuat tenaga..

biar kuat minum M-susu aja.. hehe..

Anonim mengatakan...

JIKA TUHAN MENENTUKAN, KENAPA MANUSIA HARUS PUNYA KEINGINAN?
JAWAB YAH...

BRAJADENTA mengatakan...

to mba ani: betul mba, kadang kita juga lupa bersyukur saat rcana indah dariNya terlaksana

to ijal: mau dong M susu nya...

to anonim: wah harusnya nanya langsung ke Beliau, tapi mnurut gua itu supaya Tuhan tau orang itu memenuhi keinginan dengan cara apa, usaha, doa ato dosa...
gitu kali yah, mungkin yg laen punya jawaban lain? tolong bantu anonim yah...

Anonim mengatakan...

saya baru sadar, kecewa itu indah ^_^

Shinta Octaviani mengatakan...

Biar ga kecewa atau paling ga me-minimal-kan rasa kecewa, belajarlah untuk ikhlas dalam keadaan apapun (dikutip dari ucapan seorang kyai terkenal).

-Shinta yang juga harus belajar ikhlas-

Ummu Aisyah mengatakan...

kekecewaan itu karena kita belum bisa bersikap 'pasrah dan ikhlas'. Ngomong sih emang mudah,tapi kalau saya ngalamin kekecewaan pasti ada kali yah.
Hmm,mungkin tetap berdoa memohon untuk di hapuskan rasa itu,kan yg memberi rasa itu sendiri DIA. Juga berusaha positif thinking.

Yah,saya juga masih belajar nih..

salam

BRAJADENTA mengatakan...

to santi: stuju tapi tiap biasanya orang punya persepsi beda2 ttg 'indah'itu.

to shinta: betul bgt itu intinya, makasih yah...

to mr.eagle: stuju kita cuman hamba

to mama ais: Alhamdulillah, makasih bgt mba...
btw maznun itu apa yah? :I

Shinta Octaviani mengatakan...

mas Brajadenta, tukeran link yuk... Maaf nih, masuknya ke comment soalnya shoutbox lagi error tuh.

Anonim mengatakan...

Halah...halah...
Wis ngerti ngono loh Kang Brojo..??.
Dah NYADAR gitcu kok...he..he..Niat awal yang penting kan cari SOTO..trus dah berjalan NYARAI, tapi gak ada yg dicari sesuai dengan keinginan...eee tahunya dapet SOTO juga walau made ini Madura he..he..tapi kan SOTO juga...??. Coba aja klu awalnya NIAT tadi nyari makan biar KENYANG...dijamin deh gak PROTES2 amat...

kayaknya biar rame KOMUNIKASINYA neh...pindah saja ke Wordpress. Saya dah pindah di Http://www.kariyan.wordpress.com

Salam

Kariyan
soko Padepokan Borneo Timur

Anonim mengatakan...

SAYA STUJU KAK! USAHANYA ITUH HARUS KUAT KAK. HEHE. KK AQ LINK IN LOH! WAKAKA KEREN BTW=D