Jumat, Februari 22, 2008

Tuhan Pada Diri Manusia

Tentu kita sudah tahu bahwa sejatinya Tuhan mencakup seluruh makhluk NYA. Jari yang saya pakai untuk membuat post ini adalah milikNYA, seluruh anggota tubuh yang (bisa/tidak bisa) saya kendalikan selama ini juga milikNYA, begitupun "Santi","Mba Indah", "Angga", "Mama nya Selma", "Mba Ani", hingga "Kolor Bolong" sekali pun adalah asli milikNYA. Sang Khalik Berhak untuk berkehendak apapun terhadap apapun bentuk ciptaanNYA.

Ketika Tuhan mengirim orang -yang tidak pernah kita kenal atau bahkan pernah bertemu sekali pun- untuk datang menghampiri kemudian ramah bertanya "maaf mba, sekarang jam berapa yah?"
Sadar atau tidak kita sudah meng aplikasikan makna Tuhan dalam diri kita ketika kita ikhlas menjawab pertanyaan Tuhan dalam diri orang tersebut yang menanyakan jam.
Kamu sudah mengejewantahkan secuil dari sifat Tuhan yang ada pada diri mu ketika kamu melakukan (bahkan secuil) kebajikan untuk Tuhan yang juga mencakup pada diri manusia lain di sekitar mu, maka berlimpah lah pahala dari NYA atas segala kebajikan mu. Amin.

Lalu apa jasa yang telah kamu lakukan terhadap Tuhan? ketika (sadar/tidak sadar) lancang marah kepada Tuhan yang juga ada dalam diri seorang pembantu.
Apa jasa kita terhadap Sang Khalik? ketika (langsung/tidak langsung) membentak NYA yang juga bersemayam pada diri seorang tukang parkir.
Apa jasa kita terhadap Sang Maha Kuasa? ketika kita berbuat tidak layak terhadap mereka saudara2 kita yang Maha di sayangiNYA.
Apa jasa mu terhadap Sang Maha Suci? ketika perkataan dan tindakan mu menyakiti Tuhan yang bersemayam pada diri kedua orang tua, kaka, adik, sahabat, pacar, teman, Blogger atau siapapun manusia yang telah di ciptakan NYA dengan penuh kasih sayang...

Demi Dia yang mengatur seluruh alam semesta ciptaanNYA, yu mari yuuu... kita berjuang sebisa mungkin untuk mengendalikan nafsu yang juga di simpanNYA dalam setiap diri kita.
Kita hindari penyesalan dari sekarang agar tak ada penyesalan ketika (di mana) nanti Ruh kita sudah tidak bisa lagi untuk menyesal.
insyaAllah.

24 komentar:

rhein fathia mengatakan...

well, bahkan tanpa sadar seringkali dalam doa pun kita menganggap Tuhan sebagai pesuruh...

Ani mengatakan...

Mengendalikan nafsu ==> yup betul, nafsu adalah musuh besar kita, hal yang paling susah kita lakukan adalah melawan nafsu. Yuk kita belajar untuk itu !

Indah mengatakan...

jadi gak enak nih...namaku dimasukin post..tp emang bener tulisanmu...kita kadang lupa dan gak sadar dg apa yg kita lakukan sehari2...menyesali hidup knapa nasibku bgini,knpa aku gak punya ini...semua krn kehendakNYA...apapun yg terjadi..syukurilah.

andrei-travellous mengatakan...

Itulah manusia kadang khilap, dan tugas sodara sesama mengingatkan, dan terima kasih sudah mengingatkan.

sekali lagi terima kasih Bro :)

Eucalyptus mengatakan...

Wah, namaku ada tuh, tapi tetep nama Selma yg ditulis. Iya tuh tulisan kamu bener banget, manusia jarang bersyukur dan susah sekali mengendalikan nafsu, terutama nafsu amarah..... terima kasih untuk pencerahannya

Febra mengatakan...

well..bagus broo..sering2 aja posting yang kayak gini :cool:

BRAJADENTA mengatakan...

to rhein fatah: wow keren komen nya... makasih masukan nya, makasih banget...

to mba ani: iya neh mba perlu jihad besar untuk ngendaliin nya.

to mba indah: stuju mba, kita emang sering lupa... heuheu apalagi saya...

to andrei: Hamdallah makasih juga yah...

to eucalyptus: Hamdallah, stuju mba... makasih juga...

to febra: insyaAllah yah... makasih lho...

Santi mengatakan...

ehem.. saya sepokat. mengendalikan diri dari nafsu itu penting betul.

Anonim mengatakan...

TERLALU BELIBET...

anggangelina mengatakan...

waduuuh.. jadi malu namaku dimasukin ke post yg satu inii... hehehe...

aku suka postingan ini mas... bener banget!

maap yah tb2 ngilang... :D

BRAJADENTA mengatakan...

to santi: makasih banyak...

to anonim: maap kalo tlalu belibet, kalo belum ngerti coba di baca aja post yg judul nya mencari Tuhan

to angga: kenapa malu ngga...?
makasih ya ngga.

harapandiri mengatakan...

nice post

Luigi Pralangga mengatakan...

Jadi hamba yang soleh ajalah - menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, hadiahnya pahala syurga dan kekal abadi didalamnya...

Plain simple! :D

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

BRAJADENTA mengatakan...

to harapan diri: thank you very much

to luigi: betul sekali, tetapi susah untuk begitu (trutama saya) karena otak sering berfikir yg bukan2...

salam hangat juga...

BUBBLE GUM mengatakan...

terlepas dr pikiran bahwa Tuhan ada disetiap makhluknya,, klo gw sih cuman berpikir yg penting gw bisa berbuat baik buat orang lain..
dgn gitu hub. gw ama Tuhan n ama lingkungan te2p terjaga.. hehehe

btw ,, kapan2 posting ttg surga dan neraka dung,, gw mo denger pendapat lw tentang itw.. haha
tengkyu ya mas

sachroel mengatakan...

mari terus berusaha

sarung mobil mengatakan...

thx for information gan...

nurul mengatakan...


makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua

tkj 1 smk btkl mengatakan...


terimakasih banyak atas infonya

obat penyakit sinusitis ibu hamil mengatakan...

Milikilah keyakinan yang kuat bahwa kita pasti sukses !

cara menghilangkan kista payudara
obat herpes ibu hamil

Adi Cahyo mengatakan...

Terima kasih untuk informasinya Gan, silakan mampir juga di website kami: Info

Pendidikan
| Bisnis Pulsa Murah | Pulsa Elektrik

Murah
| Server Pulsa | Pulsa Murah | Software Pulsa

obat herbal gondok pada anak mengatakan...

Anda akan menemukan bahwa saat Anda pandai membuat alasan-alasan, Anda tdk akan pandai dlm pencapaian sukses

obat herbal pembengkakan hati
obat biang keringat pada bayi
obat nyeri haid alami
cara alami meredakan nyeri sendi
obat batuk alami untuk anak
obat penghilang keloid pada anak
obat hernia pada anak perempuan

obat frigid mengatakan...

efek samping penggunaan bra berkawat
zat adiktif dan psikotropika
buah dan sayur ini lebih baik dimakan dengan kulitnya
khasiat konsumsi madu secara rutin
manfaat gerakan shalat untuk kesehatan jasmani
manfaat kolang kaling
aroma yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh
hobi yang dapat mempertajam fungsi otak
faktor penyebab payudara cepat kendur
tips jitu cegah migrain kambuh

barang yang dilarang dibeli jika ingin cepat kaya mengatakan...

anjuran makanan bagi hernia
ramuan tradisional penghilang keloid paling cepat
obat pemecah batu empedu tradisional
obat penghilang luka di sudut bibir tradisional
makanan sehat yang baik untuk batu empedu
obat penyakit kuning tradisional untuk anak dan dewasa
gejala penyakit kuning yang banyak diabaikan
obat sendi lutut bengkak dan nyeri tradisional
obat batuk karena asma untuk anak tradisional
cara tradisional mengatasi batuk pada bayi dan balita